Home » Creative Works

Deteksi Dini Kanker Payudara

15 May 2006 49,243 views 52 komentar

Kanker payudara merupakan salah satu kanker berbahaya yang sudah banyak menimbulkan korban. Di Indonesia kanker payudara menduduki peringkat kedua setelah kanker leher rahim yang paling banyak menyerang wanita Indonesia. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan penyadaran diri untuk pemeriksaan payudara lebih awal. Dikatakan, kalau 85% benjolan di payudara ditemukan oleh wanita sendiri. Informasi lebih banyak bisa dilihat di website Pita Pink milik Yayasan Kanker Payudara Jakarta.

Di US, salah satu lembaga yang serius menangani ini adalah Rethink Breast Cancer yang banyak melakukan kampanye penyadaran, pendidikan, dan penelitian terhadap program-program yang relevan dengan kanker payudara. Salah satu bentuk edukasinya adalah melalui website Check Out My Breast, yang berisi video interaktif tentang cara mendeteksi awal kemungkinan terjadinya kanker payudara. Videonya memang menayangkan wanita muda bertelanjang dada, tapi apa yang diinformasikan sangat edukatif. Untuk yang tertarik mengunjungi website-nya, bersiap-siaplah untuk menunggu lama, karena videonya berukuran 8 MB.

Check Out My Breast

Video interaktif ini merupakan awal dari kampanye Fashion Targets Friday, dimana Rethink Breast Cancer mengajak pria dan wanita untuk mendukung penyadaran bahaya kanker payudara, dengan memakai t-shirt bergambar target merah. Rencananya, kampanye memakai t-shirt rama-ramai ini akan diselenggarakan tanggal 26 Mei di seluruh Kanada.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

52 komentar »

  • kere kemplu :

    desain, kampanye, komunikasi, memang membutuhkan kreativitas. dan anda adalah salah satu ahlinya. gitu kan bung? :)

  • eka mardiati ningsih :

    bagaimana cara mendeteksi awal adanya kangker payudara. mohon penjelasan lebih lanjut dan di jelaskan sejelas-jelasnya. terimakasih

  • ninin novianti :

    as,saya mau bertanya apa penyebabnya kanker?apa mungkin berasal dari gatal&luka krn digaruk?saya mendapati benjolan di payudara saya,apa itu kanker?tolonng blz secepatnya!

  • NuRLita HaNDayaNi :

    sMga LSM yG mEnanGanI tTg KaNkEr PaYudaRa DpT mEnGadaKan penyULuHaN k BerbaGai sEkoLaH2 daN kaMpuZ, AgaR kaUm haWa pAhaM teNtaNg baHayanya PnyKt Tsb.LSM iTu Jg dPt meMbEriKan CaRa2 UntK “SADARI” periKsa PayUdaRA SeNdiRi.

  • meila :

    dimana ya bisa dapat dr ahli kanker payudara yang cewek ?

  • triwahyuni ap :

    benjolan di payudara harus ada dikedua payudara nga???

  • bee_bee :

    apakah kemungkinan kanker, khususnya kanker payudara, bisa lebih besar persentase terjangkit bila ada saudara kita yang juga pernah menderitanya dibandingkan dengan yang tidak punya riwayat keluarga?

  • dita :

    benjolan di payudara yang kaya gimana sih yang termasuk abnormal? klo payudaranya ada rasa-rasa sakit gmn tuh?

  • gabeng :

    dear all…..

    kanker panyudara sudah sangat besar, tp tidak punya biaya operasi…harus kemana????

  • safa :

    saya dulu pernah jalani operasi tumor di payu dara sebelah kiri, tapi sekarang saya kok masih sesekali ngerasain nyeri di tempat yg sama. terus saya juga temukan benjolan baru di payudara sebelah kanan. saya jadi putus asa dan takut.

  • belda :

    saya mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan penelitian tentang kanker payudara..saya melakukan penelitian dengan pembimbing saya di LIPI, tentang apaevaluasi minyak ikan terhadap penghambatan kanker payudara..yang saya igin tanyakan apakah minyak ikan yang mengandung omega3 dapat menghambat pertumbuhan kanker tsb… plis bantu saya beberapa referensi tentang minyak ikan yang dapat menghambat kanker tsb plissss help me

    gbu

  • edy :

    apakh kanker payudara itu sangat mematikan? dan apakah bisa sembuh? karena saya hampir putus asa.
    dan apakah biaya operasi itu mahal sekali? tolong beritahu,kurang lebih berapa biayanya???????????

  • mayrose :

    apakah sering mencabuti bulu ketiak, bisa mengakibatkan kangker payudara? Dan kadang2 di ketiak saya ada benjolan keras,kalau dipegang terasa nyeri,tapi beberapa minggu kemudian hilang. Kemudian muncul lagi. Kadang2 di ketiak saya juga keluar seperti jerawat,kalau dipecah keluar cairan kental dan darah. Apakah itu indikasi adanya infeksi dalam tubuh saya atau gejala dini kangker payudara ? Mohon penjelasannya. . .Terima kasih

  • DD :

    saya butuh lebih banyak penjelasan mengenai penyakit kanker payudara ini !!!

  • Isti :

    saya perlu lebih banyak lagi tentang informasi kanker ini, deteksi dini, dan ciri-cirinya. tolong ya dilengkapi,karena saya pernah terdeteksi tumor ini dan saya berhenti berobat karena malas dan tidak ada perubahan

  • Isti :

    oh ya saya mo tanya,kenapa payudara saya kalau dipegang terasa nyeri dan ada benjolan yang lumayan besar. kadang itu sering terjadi dan apabila sedang/menjelang/sesudah akan lebih sakit dan nyerinya terasa hebat.dokter yang merawat saya hanya berkomentar “tidak apa-apa” tetapi saya merasa terbebani dan tersiksa apalagi kalau pas sakit membuat semua aktifitas saya sangat terganggu. dokter hanya memberi obat berua vitamin, padahal dokter sempat mengatakan nanti bisa dioperasi bila mengganggu tetapi tidak ada tindak lanjutnya.apakah ini termasuk kanker? masih bisa disembuhkan/tidak dan berbahaya atau tidak?yang perlu diketahui kadang rasa nyeri hebat itu menimbulkan sakit kepala yang luar biasa.Terima kasih atas penjelasannya

  • tracy :

    saya ingin mengetahui apakah ada pengaruh bra terhadap kesehatan payudara yang akan berdampak pada kanker payudara? bagaimanakan informasinya dapat saya dapatkan. terima kasih.

  • Mara :

    Sy wanita berumur 24 tahun sudah ada 1 tahun aku merasakan payudara sebelah kiri bawah kalo dipegang sakit. kadang muncul benjolan kadang enggak. Apakah itu kangker
    Makasih

  • jui :

    bagaimana mengenal gejala-gejala awal kankER PAYUDARA

  • agusta :

    di ketiak kanan saya ada benjolan kecil. tidak terlalu kentara tapi kalau diraba terasa ada benjolan sebesar kacang tanah. selain itu kadang2 saya merasakan nyeri di kedua payudara saya, rasanya seperti ditusuk-tusuk. tapi setiap kali saya periksa di kedua payudara saya itu tidak ada benjolan (normal).apakah yg saya alami itu termasuk gejala kanker/tumor payudara?mohon penjelasannya. terimakasih.

  • dian :

    ketika saya merasakan ada yang aneh di anggota tubuh saya, ketika itu saya merasakan pegal-pegal di tangan kiri saya, beberapa hari kemudian rambut saya semakin rontok dan waktu itu saya mencoba memeriksa di kamar mandi, saat itu saya terdiam…ternyata ada benjolan di payudara sebelah kiri.Dunia seperti terbalik ga tau harus bagaimana sampai saat ini saya takut untuk memeriksa ke dokter dan takut menceritakan ke keluarga. Saat saya tahu ada benjolan yakni 13 januari 2007 sampai sekarang saya bingung harus bagaimana??????????????????????//

  • yanuar :

    kalau bisa, khusus untuk Rumah Sakit islam dokter yang menangani kasus kangker payudara adalah dokter perempuan, biar suami psaien tidak jealous.

  • wati :

    saya wanita umur 17th,gini dok saya mau tanya payudarah saya yg kanan dan kiri itu gatel banget,dan ada bintik 2 nya,tapi yang kanan cukup parah
    ,saya periksakan kata dokternya biyang kringat,tapi ko” dari tahun kemaren ko’ ga sembuh-sembuh,apa kah itu termasuk gejala kangker payudarah?tolong jawab secepatnya dok.

  • opie :

    Kenapa ya sekarang marak banget tentang kanker payudara????
    klo di payudara ada benjolan, apa udah dapat dipastikan itu kanker payudara????
    Gimana cara ngatasinnya dan ngobatinnya selain pake radiasi???

  • amy :

    ap saja gjla-gjlanya kanker payudarah

  • salma Zubaidi :

    Dok saya gadis berumur 26th,saya bingun mencari informasi apa benar saya menderita kanker payudara…???Gejala yang saya alami antara lain:gatal2 terutama dibagian puting,panas,nyeri dawah ketiak, kadang2 bengkak,dulu didaerah puting ada bintik2 putih, tapi setelah saya bawa ke alternatif bintik2 tsbt hilang.gejala2 tersebut pada payudarah saya yg kanan dan itu sudah hampir 1 thn sampai sekarang….!!!Dok saya mohon dijawab secepatnya!!Jika Iya Gimana cara ngatasinnya dan ngobatinnya

  • D-she Junaedi :

    saya,mau bertanya kalau payudara yang besarnya tidak sama itu kenapa?
    Payudara saya sebelah kanan itu agak keras dan dibawahnya seperti ada benjolan,sampai saat ini saya sendiri belum memeriksakannya,karna malu dengan pacar saya.

  • rosi :

    pada bagian payudara sebelah kiri saya terdapat benjlan dan rasanya nyeri sekali pa saya terkena kanker payudara

  • rianny ai nurhayati :

    sebenarnya ini bukan komentar melainkan curhat
    gini dok,

  • rianny ai nurhayati :

    sebenarnya ini bukan komentar melainkan curhat
    gini dok,
    bagian kanan payudara saya ada benjolan, ini dr kecil saya kira semua wanita sama seperti saya namun ternyata tidak, teman2 saya tidak terdapat benjolan seperti saya apakah ini kanker tapi saya tidak mendapat gejala klinis yang lainya seperti ada rasa nyeri ataupun rasa lecet di daerah puting.dan kalau kanker kok ngak membesar trus inikan dr kecil apa ada kemungkinan ini faktor genetik
    umur saya 19. mohon keterangannya dan mohon di balas ke email saya sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  • silvi :

    aku minta photo tentang kangker payudara?

  • kevina risa :

    saya mau tanya apa kemungkinan kanker payudarah bisa ditimbulkan akibat,saat berhubungan intim payudarah kita mengalami pengerasan akibat dikenyot?dan hal itu terjadi berulang-ulang…apa berbahaya?

  • wirda faswita :

    saya mahasiswa umur 19 tahun,,,,
    saya punya tante yang sekarang sudah meninggal kareba mengidap kanker payudara,,,
    apakah ada kemungkinan dok saya terkena juga

  • rere :

    Bagaimana Caranya untuk memgetahui adanya kanker payudara sejak dini????
    Apakah benar kanker payudara sudah ada obatnya???

  • Nurul Mariana :

    dimana Alamat yang jelas yayasan kanker payudara indonesia ???
    Bagaimana cara deteksi dini kanker payudara???
    jika kita merasa ada benjolan di payudara apa tindakan pertama yang harus kita lakukan???
    Apa yang dimaksud FAM???
    Apa perbedaan tumor dan kanker???

  • DEA :

    saya mw tanya….
    payudara saya srg terasa nyeri klo sdg berolah raga…
    klo lgi lari2 kecil,,,terasa nyeri seperti ditusuk2 gtu…
    pa itu gejala kanker payudara..????
    truz,,,klo srg pke cream pembesar payudara bisa menyebabkn kanker..????
    tpi,,,setelah sya pake cream pembesar payudara itu,,payudara ttp gk besar2,,penyebabnya apa yah…???
    tolong dijawab secepatna…
    makasi…

  • Rina :

    Saya berumur 23 th, setiap benjolan dibawah ketiak apa benar dikategorikan kanker? Saya sudah pernah dibiopsi hasilnya bukan kanker, tapi sampai saat ini benjolan itu masih ada kadang” sakit. benjolan itu sudah 3,5 tahun. Sekarang saya hanya melakukan terapi saja. Jadi langkah apa yang sebaiknya saya lakukan. Saya bingung, Mohon dibales ya.

    Terima kasih.

  • dhee :

    gimana ya cara membedakan itu tumor jinak or ganas kalau ada benjolan di payudara secara manual.

  • Rike :

    Biasanya yang ganas akanterasa sangt nyeri sampai punggung….

  • As3 :

    saya sama dengan yang sdri dian sampaikan.Terus terang dulu saya tdk p’nah b’fiqr apa itu kanker payudara, malah beranggapan ga mungkin saya terkena kanker payudara. Tapi, pada saat yang tdk terduga, awalnya coba-coba, di payudara sebelah kiri, saat saya mandi, saya merasakan adanya benjolan , pikiran saya langsung buntu, saya pikir hidup saya ‘ga lama lagi, apalagi waktu saya merasakannya, ibu sedang di rawat di RS, saya memberanikan diri bicara dg kaka’ pr, tapi logika saya tetap menyangkal itu kanker payudara.Apa yang harus saya lakukan, saya takut……..:(

  • Dhiya :

    saya sedang cemas nih
    beberapa hari yang lalu saya menemukan benjolan yang terasa nyeri di ketiak kiri saya
    setelah beberapa hari kemudian hilang dan malah berpindah ke sebelah kanan
    saat yang nyeri di sebelah kanan ini hilang lalu pindah lagi ke sebelah kiri
    tapi itu cuman berlangsung beberapa hari saja
    dan yang bikin saya tambah cemas adalah
    di sekitar puting sebelah kiri saya ada benjolan yang juga nyeri
    saya kira akan segera hilang, tapi sudah 2 hari ini kok seperti tambah membesar
    saya minta tolong seandainya bisa memberikan informasi yang lebih tentang tumor/kanker payudara ini
    terimakasih

  • hanni :

    ass.
    gini dok, saya pernah baca kalo wanita yang tidak menikah beresiko terkena kanker payudara, yang disebabkan oleh paparan hormon didalam tubuh. apa benar dok?? gimana prosesnya, kok bs ya dok.. tolong jelaskan pd saya, atau ada refrensi tentang itu.. kalo ya, apa judul bukunya?? atau dokter bs tolong jalasin, tolong ya dok balas ke email saya. trimakasih banyak sebelumnya.

  • dina :

    gini dok,,,kalo wanita kna kangker payudara,,apa…bs operasi lg ga membentuk payudara lagi..karna saya pernah dengar..dengan operasi mengambil sebagian dr trubuh dpa membentuk payudar..Trims

  • angel :

    umur saya 16 tahun, saya memiiki ukuran payudara yg besar dan saya sering merasakan sakit di payudara saya serta saya menemukan benjolan berdiameter sekitar 1,5cm di ketiak saya yang sangat menyakitkan.Apakah itu kanker payudara?ltolong di balas secepatnya.

  • putri :

    apakah ukuran payudara yang tidak sama besar itu berbahaya dan apakah merupakan gejala kanker?
    perubahan warna pada payudara yang hitam apakah merupakan penyakit yang harus diwaspadai??
    terima kasih

  • Dinah Fitria :

    Assalamulaikum Wr.Wb.
    Saya telah baca beberapa jurnal dari penelitian luar, bahwa ada hubungan antara mengkonsumsi kedelai yaitu isoflavon dalam mengurangi resiko kanker payudara.Kebetulan tugas akhir saya mengenai peranan isoflavon dalam mengurangi resiko kanker payudara. Mohon bantuannya untuk mendapat inmformasi lebih lanjut. Terima kasih.

  • murniatun Djajuli :

    saya bukan mo komentar tapi mo nanya, di Dada saya sebelah kanan terasa nyeri, saya takut kalo itu adalah gejala kanker payudara tapi setelah saya baca di berbagai artikel dan setelah saya SADARI tidak ada benjolan tapi nyeri itu ada di sekitar payudara sebelah kanan dibawah ketiak, menurut dokter itu gejala kanker payudara bukan?

  • tri :

    saya mau tanya nech,, kalo di bagian atas payudara sebelah kanan saya ada benjolan keras kalo dipegang, ga sakit,, tapi pernah beberapa kali terasa agak sakit/pegal…..apakah ini bisa dibilang kanker payudara?!

  • hivan :

    saya mau berbagi tip nih,.. bagi yang punya sakit tumor/kanker payudara. klo sekedar benjolan dan dipegang kadang2 sakit atau tidak, itu termasuk kategori tumor. bila benjolan pecah dan luka ini termasuk kategori kanker. tip-nya kedua penyakit tersebut di sebabkan oleh psikis/karakter/sifat orang tersebut itu sendiri, yaitu sering marah/jengkel kepada orang tua atau pada suaminya baik marah/jengkel yang dikeluarkan atau cuma diam tapi nyimpan marah/jengkel. untuk sembuhnya tinggal di balik aja, hilangkan kebiasaan itu. contohnya bila kita ada masalah dengan orang tua/suami diselesaikan dengan baik,dengan kata2 yang baik/santun. he…3 ini kelihatan sederhana tapi bener. coba deh klo ada temen/saudara yang kena sakit kanker/tumor payudara, coba tanya aja klo dia mau jujur pasti kebiasaan pasti ndak jauh dari yang saya sebutkan diatas. trimakasih, bila kurang berkenan saya minta maaf… semoga bermanfat…..

  • dini :

    dear all..

    3 hari yang lalu selepasnya saya mengerjakan tugas kuliah di malam hari, saya berniat untuk tidur. maka saya melepaskan “BH” yang saya pakai
    tanpa sengaja pada payudara sebelah kanan saya merasakan menyentuh benjolan sebesar kelereng..
    tapi untuk memeriksakannya ke dokter saya takut.. saya takut karena kebanyakan dokter ahlinya adalah laki2..sedangkan saya memakai jilbab..

    tolong saya..apa yang harus segera saya lakukan..

    saya berusia 23 tahun

  • sari :

    usia saya 14 payudarah saya ukurannya kecil saya merasa g”PD” lalu saya ngasih kapas di BH saya apakah itu bisa manyababkan kangker ,saya minta tips cara memperbesar payudarah dgn cara tradisional supaya payudarah saya berisi tolong dijawab secepatnya

  • febri :

    saya menemukan benjolan,tetapi tidak di payudarah saya tapi didekat ketiak saya…dan payudarah saya beda sebelah…jadi,apakah saya terjangkit kangker payudarah pa bukan&bagaimana cara mengatasinya?
    tapi saya masih takut untuk periksa ke dokter.tolong saya apa yang harus saya lakukan???

    saya berusia 16 thn