Home » Online Branding

Kreativitas Kampanye di Twitter

12 May 2010 13,845 views 10 komentar

Beberapa tulisan sebelumnya, suka dibahas kalau kampanye brand lokal di Twitter polanya selalu begitu-begitu saja. Dari membuat kuis tweet berhadiah dengan menempelkan hashtag di akhir tweet, hingga kontes banyak-banyakan RT (aduh yang ini, malas banget), apalagi kalau sampai mengganggu. Meski sebenarnya ada pula yang menarik seperti yang dilakukan @soyjoyID. Suatu prestasi tersendiri bagi @soyjoyID bisa membangun hype di Twitter selama hampir 3 bulan, dengan cara yang variatif dan tidak membosankan.

Kemarin-kemarin sudah banyak dibahas kasus lokal. Ada beberapa kasus brand luar yang sukses memanfaatkan Twitter untuk membangun hype-nya. Umumnya, seperti yang dilakukan @soyjoyID, keberhasilan kampanye ini karena terintegrasi pula dengan aktivitas offline-nya. Atau kalau misalnya murni online, aktivitas kampanyenya tidak terpaku hanya di timeline Twitter. API terbuka yang dimiliki Twitter dikembangkan menjadi sesuatu yang baru dan unik.

Beberapa contoh kasus luar berikut ini mudah-mudahan bisa memicu kreativitas untuk berkampanye di Twitter dengan lebih elegan.

Mad Men Yourself

Ini memang tidak berhubungan langsung dengan Twitter, namun buzz-nya sempat menyebar heboh di Twitter. Situs Mad Men Yourself ini merupakan promosi serial Mad Men yang menampilkan karakter-karakter dengan desain tahun 60-an. Aplikasi seperti ini sebenarnya sudah banyak sekali dibuat, namun kini di era Twitter dan Facebook, ada twist baru yang dimunculkan. Kita bisa membuat karakter ini untuk lalu kita jadikan avatar di Twitter dan Facebook. Saat peluncurannya dulu, pengguna Twitter di luar sana begitu kecanduannya, sehingga mereka mengganti avatarnya dengan hasil desain yang dikeluarkan dari aplikasi ini.

Beberapa minggu lalu seorang pengguna Twitter, @deon sukarela membuatkan banyak avatar dengan desain segaya, dan hebohnya menyebar dengan cepat. Tanpa terasa, virus avatar bergaya serupa menyebar. Saat itu banyak teman Twitter lainnya yang membuat hal serupa, dan ikut membantu @deon mendesainkan untuk teman-teman lainnya. Dalam seminggu lebih, buzz avatar ini masih terjaga, meski bisa jadi @deon sebenarnya tidak berekspektasi sejauh ini.
madmenyourself

I Spy Levi’s

Kampanye Levi’s ini berlangsung di Australia dan Selandia Baru. Levi’s mengutus orang-orang terpilihnya untuk mengenakan jins Levi’s dan menyebarnya di beragam penjuru kota. Petunjuk untuk mencari orang-orang ini bisa ditemukan melalui akun Twitter Levi’s. Para peserta diminta untuk mencari orang-orang ini dan menanyakan ke mereka apakah mereka menggunakan Levi’s. Kalau dugaan si peserta benar, maka orang tersebut akan mencopot langsung celana Levi’s yang dikenakannya dan memberikannya ke si peserta.

Uniqlo UTweet

Uniqlo, sebuah brand fesyen, selalu punya ide-ide kreatif unik dalam kampanyenya. Yang terakhir kali, Uniqlo membuat aplikasi UTweet. Di situs ini, kita diminta memasukkan ID Twitter kita, atau memasukkan kata tertentu. Situs ini lalu akan menampilkan video flash yang secara dinamis mengambil percakapan terakhir kita di Twitter (dengan efek visual yang menarik). Di pertengahan hingga akhir video, promo brand Uniqlo ditampilkan dalam gaya visual yang tetap inline.
uniqloutweet

Twitter Cup

Kalau yang ini dari SonyEricsson dalam semangat Piala Dunia. Situs ini menampilkan seberapa banyak suatu negara disebutkan dalam percakapan di Twitter. Semakin sering disebutkan, maka sudut-sudut stadion bola yang diwakili negara tersebut akan semakin penuh oleh supporter. Negara yang jarang disebutkan di Twitter akan sedikit pula mendapat dukungan supporter.
twittercup

Masih banyak sih contoh lainnya. Ada yang pernah membahasnya di blog ini. Sebelumnya Media Ide juga pernah membahas tentang kampanye Terminator Salvation di sini dan kontes yang dilakukan Namecheap.com di sini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

10 komentar »

  • ierone :

    memang sangat kreatif,

    harus berusaha agar kampanye yang bakal kita lakukan gak bikin boring

  • mawi wijna :

    makin aneh-aneh aja hingar-bingar promosi di ranah daring …

  • Fee :

    Yang UT itu suka deh. Very nice :)

  • rusabawean :

    wah gini neh namanya kuis kreatif

    semoga para brand yg mau kampanye di twitter

    dg kuis2 yg lebih kreatif lagi

    :)

  • nagacentil :

    mencerahkan ternyata bukan dominasi krim pemutih kulit, tapi juga tulisan Pitra si anakcerdas ^_^

    helpful banget, baru-baru ini saya kesel juga sama brand yang bikin kuis di twitter tapi gak manusiawi caranya. Bukan, bukan nge-RT sampe gilak, tapi karena menganggap peserta kuis adalah obyek yang musti siap diperlakukan kapan saja oleh si brand. Dari situ saya belajar, bahwa untuk bikin kampanye online menggunakan twitter memang musti kreatif dan gak bisa asal memanfaatkan hashtag atau mention, dan retweet agaknya udah difatwakan haram ya oleh Majelis Ulama Internet hihihi

  • Manfaat Otak Tengah di web gmc-aktivasiotaktengah.com :

    [...] Media Ide » Blog Archive » Kreativitas Kampanye di Twitter [...]

  • mas awe :

    betul tuh kata nagacentil brand suka seenaknya nyuruh ini itu, yg ada kita males ngikutinnya, mendingan kayak vaselinman ikutan games walopun gak menang tetep dikirimin produk anyarnya tuh..

  • irawan :

    Bagus, unik-unik semua.

  • handout :

    seru juga ya..

    moga sukses selalu.

  • Kreativitas Kampanye di Twitter | Marketeers :

    [...] ini juga bisa dibaca di blog penulis: Kreativitas Kampanye di Twitter VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related [...]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge