Home » Creative Works

Embrace Life

20 November 2010 2,478 views 7 komentar

Tahun ini YouTube memberikan penghargaan Ad of the Year kepada iklan layanan masyarakat berjudul “Embrace Life – Always Wear Your Seat Belt,” mengalahkan iklan Old Spice yang sempat populer itu. Di iklan ini, seorang Bapak ceritanya sedang menyetir mobil. Tiba-tiba, karena meleng, si Bapak kaget dan mau menabrakkan mobilnya. Seketika itu juga si Anak dan si Ibu bergerak ke arahnya dan mengalungkan kedua tangan mereka di badan si Ayah, sehingga menyerupai sabuk pengaman.

Sebelumnya, hampir semua iklan yang berhubungan dengan keselamatan jalan raya selalu dilihat dari sisi yang kematian, cacat, dan dampak emosional yang terjadi setelah kecelakaan. Iklan ini sungguh berbeda. Iklan ini membangun emosi tentang betapa pentingnya hidup, cinta, dan keluarga. Siapa sih yang tidak cinta dengan keluarganya? Siapa sih yang tidak ingin semua anggota keluarganya kembali dengan selamat dari perjalanan? Iklan ini mengingatkan kita untuk selalu menjaga dan memperhatikan anggota keluarga kita selama perjalanan.

Menunjukkan rasa care dalam komunikasi pesan, membangun cerita yang menyentuh, akan lebih memberikan pesan yang mengena daripada sekedar menunjukkan bahaya dan akibatnya. Silakan baca lebih lengkap latar belakang pembuatan iklan ini di sini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

7 komentar »

  • Zaky :

    Wah postingan yang bagus mas…

    Benar-benar mengubah sudut pandang saya tentang cerita yang harus diceritakan…

    Nyatanya melakukan apa yang kebanyakan orang lakukan itu sangat gampang

    Tapi yang kebanyakan justru tidak berhasil

    Mungkin lama sekali kenapa sudut pandang ini tidak muncul karena para kreator takut dipecat kali mas sama manajernya

    Kalo di Google kan inisiatif dihargai

    Tp di perusahaan yang mandek, inisiatif malah disebut pengacau

  • kurniasepta :

    meleng itu apa?

  • Nin-Bjn :

    genre iklan yang "menjual produk"…produk apapun itu (fisik, jasa, dll)sekarang lebih bergeser pada "menjual empaty"…dan ini sepertinya akan menjadi pemenang di wilayah konsumen ataupun penghargaan-penghargaan…misalnya minuman M16 dimana sang anak rela gulung koming demi mendapat uang lebih untuk memberikan makan malam romantis buat ibunya yg sakit atau iklan BNI 46 yang memfokuskan pada kelestarian lingkungan (daripada jualan senyum teller cantik), Prudential yang selalu mendengarkan….iklan-iklan inilah yg pada akhirnya dapat memberikan keluasaan pada konsumen untuk jatuh hati, tidak saja pada barang/jasa yg dijual…tapi juga pada pesan "empaty" itu sendiri, yg pada akhirnya akn menumbuhkan rasa percaya…

    apa yang lebih indah di mata (dan kantong) seorang produsen selain "kepercayaan konsumen"

  • Nin-Bjn :

    ingat iklan energydrink M16 (bisa), BNI 46 (kelestarian lingkungan dan air), prudential (selalu mendengarkan)?

    iklan iklan tersebut mampu memberikan ruang “ber-empaty” kepada konsumen untuk tersentuh…(konsumen lebih mudah tersentuh hatinya pada hal-hal yg bau bau social, penuh linangan airmata, dsb)…berangkat dari empaty, konsumen akan belajar mempercayai produk, dan selanjutnya akan setia. Genre yg bagus sebenarnya, bahwa tidak selalu iklan dipenuhi dengan “bahasa” manfaat, kualitas, lebih ini dari pada itu….yg akhirnya menjadi terlalu “terbuka” dan membosankan…(dimana-mana iklan sabun ya jualan kebersihan, yg mungkin ketika iklan tadi udah habis, merk nya kita lupa)…..iklan dengan tema yg wajar dan manusiawi tentu akan membuat konsumen bisa berfikir…lebih jernih (bandingkan dengan iklan pemutih wajah yg terbuat dari partikel emas murni misalnya)….

    postingan yg bagus, what next?

  • Pitra :

    @kurniasepta: eh meleng bukan bahasa Indonesia ya? hihihi, maksudnya: meleng itu nggak melihat jalan, malah melihat ke samping.

  • Embrace Life | Marketeers :

    [...] ini juga bisa dibaca di blog penulis: Embrace Life VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related [...]

  • vina :

    iklan yg menginspirasi kita agar dapat ingat akan keselamatan, karena produk pabrik mobil yaag ada sabuk keselamatan untuk digunakan bukan untuk aksesoris, dan klo bus itu gmna ya ?
    vina baru saja menulis..loneley at home enjoi video

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge