Home » Online Communities

Mari Kita Berbagi

28 February 2011 3,744 views 11 komentar

Masih teringat bulan Agustus 2008 lalu saat FreSh Jakarta pertama kali diselenggarakan. Lokasinya sempit-sempitan di sebuah rumah makan di jalan Barito. Beberapa orang berniat untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tanpa imbalan komersial. Semua yang datang punya semangat yang sama, yakni untuk berbagi. Kala itu kegiatan berbagi seperti ini bisa dikatakan belum banyak ada. Yang saat itu baru muncul juga adalah Mobile Monday, kegiatan bulanan yang banyak membahas perkembangan dunia mobile. Beberapa komunitas blogger pernah mengadakan kegiatan berbagi serupa, meski tidak banyak yang melakukannya secara rutin.

Namun itu sudah dua tahun lebih yang lalu. Sekarang sudah jauh berubah. Seiring dengan menjamurnya aktivitas pengguna social media, kegiatan berbagi kini semakin banyak. Tidak hanya ada di Jakarta, tapi sudah meluas ke Bandung, Jogja, Surabaya, Semarang, Bali, hingga Makassar. Dua tahun lalu, sebagai pengurus FreSh, kita bisa sangat leluasa untuk menentukan jadwal acara. Sekarang semakin sulit, karena perlu mempertimbangkan jadwal acara berbagi lainnya, untuk menjaga supaya tidak terjadi bentrokan kegiatan acara, yang akan membingungkan pesertanya. Sisi baiknya tentu, kita semakin bisa menemukan kegiatan berbagi hampir setiap harinya. Nggak perlu sampai menunggu sebulan sekali.

Lalu ada apa saja sih kegiatan berbagi ini? Kalau daftar berikut ini masih belum lengkap, silakan tambahkan ya.

FreSh (Jakarta)

Kalau yang sering baca blog ini, tentu sudah tahu tentang FreSh. Acara (hampir) bulanan ini membahas topik yang berhubungan dengan ranah daring. Punya tema tertentu setiap bulannya, dengan pembicara dari profesional hingga para pelaku awal. Lokasi acara tidak pernah tetap, tergantung pihak lain yang berbaik hati meminjamkan tempatnya. Entah sudah berapa kali FreSh diselenggarakan, mungkin sudah lebih dari 25 kali.

RoTI FreSh (Semarang)

Teman-teman di Semarang yang tertarik dengan aktivitas FreSh di Jakarta lalu membuat perhelatan serupa di kota mereka. Meski diselenggarakan di kota Semarang, pengunjungnya justru datang dari banyak kota di sekitarnya. Topiknya banyak membahas dunia kreatif dan daring. Slogan mereka sangat kena sekali dan kini banyak dipakai di perhelatan berbagi lainnya: “karena berbagi tak pernah merugi.”

FreShSby (Surabaya)

Serupa dengan yang di Jakarta dan Semarang, teman-teman di Surabaya pun ikut menyelenggarakan kegiatan berbagi sejak bulan Mei 2010. Tema bahasannya pun serupa, banyak pula membahas dunia kreatif dan daring.

Mobile Monday (Jakarta)

Seperti namanya, kegiatan (yang dulunya) bulanan ini banyak membahas tentang dunia mobile. Biasanya diselenggarakan di hari Senin, meski kenyataannya, kadang waktu tidak memungkinkan. Kebanyakan pengunjungnya adalah para pelaku industri IT dan mobile. Perhelatan yang sangat pas sebetulnya untuk membangun jejaring bisnis.

Tangan di Atas

Mungkin inilah komunitas berbagi paling awal dan paling besar. Topik yang dibahas murni bisnis dan entrepreneurship. Konsep mereka adalah mengajak rekan-rekan yang tangannya masih berada di bawah (alias karyawan) untuk berani berubah menjadi tangan di atas (alias pengusaha). Kegiatannya sangat luas dan mencakup banyak kota. Inisiator lokal di setiap kota pun sangat banyak.

StartUpLokal (Jakarta)

Seiring dengan semakin besarnya pertumbuhan para web startup, para inisiatornya menyadari kalau perlu sekali ada kegiatan rutin agar para web startup ini bisa saling berbagi dan berkomunikasi. Melalui acara seperti ini, para web startup bisa belajar soft skill seperti manajemen, finansial, kreativitas, yang mungkin kurang terlalu dipertimbangkan saat awal membangun bisnis. Selain acara rutin bulanan, inisiator acara juga menyelenggarakan kegiatan terbatas yang fokus pada sisi bisnis.

FOWAB (Bandung)

FOWAB (Forum Web Anak Bandung) adalah forum berbagi seputar dunia web. Bisa jadi membahas tentang startup, atau bisa pula membahas tentang dunia freelance. Sebagai catatan, di Bandung banyak tersebar para pemain freelance yang banyak mengerjakan desain dan pengembangan web untuk klien-klien di luar negeri. Forum seperti ini membantu mereka untuk saling berbagi pengalaman. Saat ini sudah empat kali FOWAB diselenggarakan.

Bancakan (Jogja)

Topik yang dibahas di Bancakan tak berbeda jauh dengan FOWAB, yakni dunia web. Perhelatan berbasis di Jogja ini sudah delapan kali diselenggarakan.

SuBali (Bali)

SuBali adalah forum kumpul-kumpul antara pelaku web startup yang berbasis di Bali.

Tudang Sipulung (Makassar)

Update via Rara:

Tudang Sipulung sebenarnya sudah beberapa kali dilaksanakan oleh komunitas blogger Makassar Anging Mammiri. Yang resmi pertama kali diadakan waktu malam setelah Blogshop Pesta Blogger 2009. Kemudian sempat dilakukan beberapa kali kegiatan meskipun tidak terlalu rutin. Lalu Tudang Sipulung dengan format lebih besar sempat diadakan lagi pada malam setelah Blogshop Pesta Blogger 2010.

Pecha Kucha (Jakarta, Bandung, Surabaya)

Pecha Kucha adalah merk gaya presentasi yang diawali dari Jepang. Setiap orang akan presentasi dengan 20 salindia masing-masing berdurasi 20 detik. Setiap pembicara harus bisa menyampaikan pesannya dengan padat dan tepat. Penentuan jumlah salindia dan waktu ini katanya adalah waktu optimal fokus perhatian seseorang terhadap presentasi. Di Indonesia, kegiatan Pecha Kucha ini diawali di Bandung, lalu Jakarta, dan Surabaya.

TEDx (Jakarta, Bandung, Makassar)

TED merupakan ajang pertunjukan dari para individu yang inspiratif. Pembicaranya bisa dari latar belakang yang beragam. TEDx adalah bentuk kegiatan independen yang menyukai aktivitas TED. Kegiatan TEDxJakarta, TEDxBandung, dan TEDxMakassar dibangun atas semangat yang sama. Pembicaranya ditentukan oleh panitia. Diharapkan pengunjung akan terbuka pikirannya setelah selesai mendatangi acara ini.

Akademi Berbagi (Jakarta, Jogja, Bandung)

Seperti namanya, ini semacam ‘sekolah’ dengan kelas. Bedanya, pengajarnya profesional di bidangnya, mahasiswanya nggak perlu bayar apapun. Jumlah peserta dibatasi setiap kelasnya. Kelasnya pun beragam, dari social media, fotografi, jurnalistik, finansial, kreativitas, dan bisa banyak lagi, tergantung pesanan dari pengajar dan mahasiswanya. Tempat penyelenggaraannya tergantung yang berbaik hati menyediakan. Saat ini Akademi Berbagi mulai diselenggarakan pula di Jogja dan Bandung, tentunya dengan pemrakarsa dari kota masing-masing.

Obsat (Jakarta, Bandung)

Seperti namanya, Obsat (Obrolan Langsat) adalah tempat untuk berbincang. Topiknya disesuaikan dengan berita yang lagi hangat saat ini. Bentuknya semacam talk show, dengan beberapa pembicara dipandu moderator. Kalau di Jakarta, acara ini biasanya dilakukan di Jalan Langsat. Umumnya di setiap acara, pengunjungnya akan mendapat suguhan jajanan pasar.

 

Pastinya masih banyak lagi kegiatan-kegiatan berbagi serupa yang belum disebutkan. Ada yang pernah jalan lama lalu vakum, ada pula yang hanya sempat berlangsung sekali, lalu belum sempat diwujudkan kembali. Ada pula yang mengambil model acara dari luar (seperti Pecha Kucha) lalu diadaptasikan untuk kondisi lokal, seperti acara Barcamp, Web Webnesday, atau Ignite.

Asyiknya dengan banyak acara seperti ini, kesempatan untuk saling networking dan mendapat pengalaman dan pengetahuan baru semakin luas. Nggak perlu bayar pula. Kalaupun harus membayar, itu pun hanya sekedar untuk menggantikan makan dan minum.

Untuk kota-kota yang belum pernah membuat acara seperti ini, ayolah buat. Organisasikan sendiri, kelola sendiri, susun acaranya sendiri. Kalau memang butuh bantuan untuk mencari pembicara, silakan kontak, pasti teman-teman yang sudah mengelola kegiatan di atas akan membantu dengan senang hati.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

11 komentar »

  • Firman Nugraha :

    Dari kesemuanya di atas, yang paling saya pengen ikut tapi belum pernah kesampaian itu Obsat hihi, ada aja halangannya. Kurang sesajen nie kayaknya

  • sibair :

    Forum-forum seperti ini memang sangat mengasikkan untuk di ikuti. Selain bisa menambah pengetahuan juga bisa nambah temen dan hadiah gudibeg :D

  • berman :

    Hello rekan-rekan,

    Jika bisa tahu, dimana yah forum SuBali (Bali). Apakah ada alamat websitenya?

    Thanks,
    Berman

  • Rusa :

    di Surabaya masih ada suWec Pittt :)

  • Mey :

    dibuat kagum jadinya, ga nyangka…. :D

  • kurniasepta :

    sayang itu untuk daerah atau kota besar. Untuk kota kecil belum ada komunitas yang solid :(

  • Pitra :

    @Berman: coba masuk ke milis startuplokal saja, tanyakan di sana. Alamat milisnya: http://tech.groups.yahoo.com/group/startuplokal/

  • Mari Kita Berbagi | Marketeers :

    [...] Artikel ini juga bisa dibaca di blog penulis: Mari Kita Berbagi [...]

  • yohandi :

    informasi yang sangat membantu, ketika lewat bisa mampir ni kalo sudah tahu tempatnya
    yohandi baru saja menulis..Download Prota- Promes dan RPE

  • hajarabis :

    nice…
    sempatkan mengunjungi website kami http://www.hajarabis.com
    sukses selalu..

  • rara :

    Sedikit ingin mengoreksi utk Makassar ya, pit :)

    Tudang sipulung sudah beberapa kali dilaksanakan. Yg resmi pertama kali diadakan wkt malam setelah blogshop pb2009. Kemudian ada bbrp kali lagi walau ga gitu rutin. Lalu tudang sipulung dgn format lebih besar diadakan lagi pada malam setelah blogshop pb2010 :)

    Dan setelah itu barulah mulai rutin diadakan tudang sipulung per bulan pada tahun 2011 ini.

    Dan untuk TEDx, ada lho TEDx Makassar. Tahun 2010 yg lalu diadakan sekitar pertengahan tahun. Dan di situ Angingmammiri juga turut berpartisipasi di dalamnya, makanya tau :)

    Ok sgitu aja ya pit, koreksinya, mohon diedit di kedua artikel kamu ini. Hihihi.. Maaf ye :p

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge