Home » Online Branding

Maunya sih Viral Video, tapi..

14 January 2012 5,422 views 45 komentar

Selama seminggu kemarin ada 2 brand yang mencoba peruntungannya melalui penyebaran video melalui Twitter. Ide awalnya serupa, video disebar di Twitter, dengan harapan mem-viral, jadi bahan omongan, dan membangun interest audiens lebih lanjut. Pastinya nanti video ini akan diikuti dengan langkah lanjutan, berupa pengenalan produk brand secara halus melalui medium yang sama. Harapannya, audiens bisa ikut merasakan keterlibatan dengan brand dan ingat dengan pesan yang disampaikannya.

Namun itu teori. Kenyataannya, di dunia social media ini banyak hal tak terduga yang bisa memukul balik kampanye gerilya seperti itu. Walaupun demikian, sebenarnya kita sudah bisa memprediksi sih kampanye seperti apa yang akan menimbulkan publikasi negatif. Di Indonesia ini sudah cukup banyak contohnya.

Misalnya, tahun lalu seorang selebriti bernama Carissa Putri dinyatakan hilang. Infonya beredar di banyak info selebriti. Kalau kita cari berita tentang itu di Google, kita akan menemukan satu situs yang akan memberitahukan kapan Carissa Putri akan kembali. Meski kesan hilangnya Carissa Putri ini bernuansa negatif, setidaknya kita bisa tahu kalau ini trik promosi produk Nokia. Pada dasarnya kita toh nggak pernah menganggap serius semua berita di info gosip selebriti. Situs yang bisa kita buka pun secara tak langsung sudah membuat kita tahu kalau ini adalah situs Nokia, meski tak ada logo brand itu di situsnya. Tema tentang orang kehilangan memang tidak enak, namun dengan cepat kita bisa tahu kalau ini adalah trik promosi belaka, sehingga tidak membuat kita khawatir berlebihan.

Aksi pengiriman peti mati ke sejumlah petinggi media tahun lalu juga sama buruknya. Jadi pembicaraan orang banyak sih, tapi sayangnya semuanya berbicara negatif. Simbol peti mati bukanlah simbol yang tepat untuk menyampaikan pesan komunikasi sebuah produk, apalagi kalau yang dikirimkan itu adalah peti mati berukuran anak kecil, dan diterima oleh orang yang punya anak kecil.

Nah, minggu lalu itu akun Twitter @101Jakfm menyebarkan video CCTV di akun Twitternya, kalau salah satu stafnya kerampokan uang Rp. 25 juta. Berita ini terlihat serius, sehingga nggak sedikit yang meneruskannya ke akun @TMCPoldaMetro. Kenyataannya ini hanyalah promosi radio tersebut dalam rangka ulang tahunnya yang ke-5. Sebal? Jelas, karena banyak orang menganggap berita ini dengan sangat serius.

Lebih menyebalkan lagi adalah yang terjadi persis semalam. Salah satu aktivis Stand Up Comic Indonesia, Ernest Prakasa, tiba-tiba mengirimkan serentetan tweet dengan video yang mengesankan kalau dia diculik. Banyak teman yang kenal dengannya, dan menganggap hal ini dengan sangat serius. Kejadian ini menimbulkan kekhawatiran teman-temannya. Apakah benar terjadi sesuatu dengannya? Berikut ini videonya.

Meski tak lama kemudian, banyak yang berpikir kalau ini pastilah kampanye brand terselubung. Mana mungkin pula dengan koneksi internet mobile yang kacut marut di negeri ini, kita bisa mengirimkan video saat kita panik. Kalaupun kita bisa mentweet, akan lebih masuk akal kalau kita menulis tweet dengan mencantumkan geotag lokasi tweet kita. Itu jauh lebih membantu daripada mengirimkan video yang sangat minim kemungkinan keberhasilannya.

Teman-teman di Twitter pun mulai mengusut, dan langsung ketahuan karena Ernest mengunggah videonya ke akun YouTube yang baru dibuat 12 Januari 2012. Lebih parah lagi, ternyata video itu diunggah dengan tag “getaway,” “MINI,” dan “Countryman.” Langsung tahu dong kalau ini ternyata hanyalah aksi promosi MINI. Sialnya, ketahuannya ini bukan bagian dari rencana brand. Ketahuannya karena kecerobohan brand sendiri. Lucunya, si pengunggah video lalu menghapus tag ini dari YouTube.

Jadilah Twitter pun penuh dengan cacian, ungkapan kekesalan setelah tahu ini hanya promosi belaka. Lihat pula semua yang berkomentar di YouTube. Nggak ada komentar positif, dan lebih dari 90% menyatakan dislikes. Kreativitasnya di atas kertas memang keren, tapi tidak melulu yang keren di atas kertas berdampak positif saat diterapkan. Setuju sih dengan Mbak Alin yang menyatakan pendapatnya seperti ini:

Masih banyak kok cara menarik perhatian audiens di social media tanpa menyinggung hal-hal di atas. Ernest pun akhirnya menghapus tweet-tweetnya. Mungkin ia menyesal? Entahlah. Semoga saja. Hal seperti ini juga bisa menjadi pembelajaran bagi individu yang diminta brand untuk mengkomunikasikan pesannya. Pesan yang berbau negatif bisa ikut menyeret individu untuk ikut terseret negatif juga. Seperti semalam, tidak banyak yang tahu kalau ini kampanye MINI. Yang jelek malah akhirnya nama Ernest sendiri, karena ia dianggap mengunggah video yang menipu follower-nya. Brand MINI sih selamat (karena toh memang belum terekspos lebih jauh), namun nama Ernest yang akhirnya dicap jelek.

Semoga saja advertising agency yang bertanggung jawab terhadap kampanye MINI ini pun memikirkan cara untuk ikut pula mengembalikan nama baik Ernest. Entahlah bagaimana caranya. Kita tunggu saja.

Contoh Nokia, peti mati, JAK FM, dan MINI seharusnya bisa memberi pelajaran agar tidak ada lagi yang melakukan hal serupa di masa datang. Hindari menggunakan pesan yang berbau kriminalitas yang sukar dibedakan antara nyata atau bohongan. Jangan sampai nanti saat benar terjadi kejadian kriminal, lalu ada yang mereportasinya di social media, malah membuat audiensnya menjadi apatis karena menganggapnya sebagai berita bohong.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

45 komentar »

  • Ollie :

    Setuju Pit
    Ollie baru saja menulis..Welcoming Mark Wang of GEPI

  • fitrimelinda :

    setuju banget deh,ama komen mbak Alin di atas,,

  • @zizydmk :

    Agency seringnya salah memperhitungkan resiko yg timbul dari sebuah tindakan. Penculikan, uang hilang, atau hal2 berbau kekerasan dan bisa menimbulkan keresahan, jelas gak pantas dijadikan lelucon. Someday ketika kejadian kekerasan beneran terjadi, audince mungkin akan skeptis & kemudian diabaikan.

  • ennoretnono :

    Oh.. ini masalahnya yang heboh semalam.. Jadi lebih ngerti, thanks :)

  • nengbiker :

    #barutau kalo videonya jakfm itu palsu :(

  • Ajeng :

    nice review ! thx

  • Ceritaeka :

    Yup ngerinya domino efeknya…
    Kalo nanti kejadian beneran malah udah pada gak nanggapin :(there are some better way to promote something

  • bukik :

    Kreativitas itu bermain di batas, tepat dibatas itu. Bukan melewatinya
    Jelas beda antara kreativitas dengan ngawur

  • Antyo :

    ini gak kreatif, gak lucu, gak menghibur.
    pitra, tahun bakal ada apa lagi ya kira-kira? :)

  • andinoeg :

    apapun caranya asal tidak merugikan orang lain
    andinoeg baru saja menulis..Preview Lenovo ThinkPad Edge S430

  • andinoeg :

    kok mesti ilang komenku kenapa ya???
    andinoeg baru saja menulis..Preview Lenovo ThinkPad Edge S430

  • benakribo :

    baru liat yang jakfm itu.. ckckck..
    bercandanya pada ngeri2 ya..
    semoga besok2 campaign2 pada bikin kuis aja ya yang banyak, :D #bancikuis

  • Rusa :

    Huahahaha *ngakak njengkang*
    kasian ya.
    Setuju banget sama postinganmu ini Pit. Hidup Pitra!
    Rusa baru saja menulis..Jelajah Kota Malang, Mengenal Sejarah dan Budaya

  • AMYunus :

    Wah. ternyata udah sering banget ya kejadian? Setuju deh campaign yang berhubungan dengan kriminalitas itu sebaiknya dihindari. Bisa-bisa nanti masyarakat apatis atau lost respect terhadap berita kriminal yang bener-bener kejadian.

  • Ernest Prakasa Hapus Tweet Insiden Penculikan Mini CountryMan Getaway | music enthusiast :

    [...] Beberapa respon yang sempat saya tangkap adalah yang menyayangkan kampanye viral yang berbuah menjadi kecaman lalu ada pula yang menanggapi dari sisi lain yaitu masyarakat belum siap dengan marketing yang radikal, dan saran agar menghindari sensasi yang berbau kriminal agar masyarakat tidak apatis [...]

  • Errol :

    Mending pake rockto promosinya, ky @CokeAmatilID hehe http://bit.ly/itcck seru dan ga negatif :))

  • lulu :

    mungkin kalau di luar negri masih oke ya, cuma kalo di indonesia kayanya belum siap deh utk campaign yg agak ‘bahaya’ seperti itu.

  • Kurnia Septa :

    kenapa juga pake hoax2 gini ya,,
    ingat itu yg carissa putri barengan dg hoax caki can.
    mending betul tu sprt benakribo, bikin kuis aja, bagi2 rejeki.

  • avianto :

    Agensi2 Indonesia memang sangat kreatif kalau berhubungan dengan aksi-aksi kriminal… eh…

    Kalau kejadian ini terjadi di luar negeri (misal: US & Eropa), ‘criminal-looked hoax’, maka tim yang bertanggungjawab harus berhadapan dengan hukum sih; minimal diinterogasi, dengan dakwaan penipuan/berita bohong. Ujung-ujungnya brandnya pun bisa menuntut agensi dengan tuntutan ‘misleading’.

    Jadi bukan cuma masalah Indonesia belum siap, tetapi campaign yang berbau kriminalitas memang sepantasnya dihindarkan karena selalu menimbulkan kontroversi. Kecuali kalau memang MINI ingin brandnya identik dengan kriminal…

  • budiono :

    bahkan menurut saya sudah tidak perlu brand kampanye via twitter dan sosial media online yang lain, iya sih jadi bahan pembicaraan, tapi efeknya ke penjualan baik sekarang maupun nanti belum bisa dibuktikan

  • Nanath :

    Gue penasaran, si Agencynya itu bertanggung jawab nggak ya atas reputasi buruk yang didapat oleh Buzzer? Pelajaran juga sih buat buzzer, apalagi yang namanya lagi naik.. kalo misalnya cari project tuh ya milih-milih toh..

    Lagian kan si MINI itu produk elit. Apa hubungannya coba sama penculikan? Lah, orang2 sosialita mana ada yg peduli sama diculiknya ernest? :)) agak lucu sih, menurut gue.

    Menurut gue, orang Indonesia terlalu sensitif dengan isu beginian, dan terlalu pintar untuk istilahnya ‘ditipu’ brand :))

    Yuk ah mari berkarya dengan lebih cerdas dan ‘halal’ :))
    Nanath baru saja menulis..Video: How to Date Me?

  • didut :

    setujulah pit dengan pendapatmu, ngawur ini bikin campaign nya :|
    didut baru saja menulis..Makko, Cintailah Komik Lokal !

  • Mario :

    Setuju banget Mas Pit. =) Kapan yah indonesia bisa Punya real WOM marketing positif.

  • Vinh :

    Terkadang promosi terlalu lebay & kadang membuat orang justru tidak tertarik.

  • blackgerry :

    kehabisan ide kali ya … atau kebanyakan ide … out of the box bukan berarti semau mau ya … lanjutkan bro … kasih yg lebih sehat
    blackgerry baru saja menulis..Bubur SumSum Khas Sukabumi dengan Gula Kawung

  • Pasang Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar :

    Ikut menyimak artkelnya Gun :-)

    Salam,

  • Oom Yahya :

    Apakah marketing dengan cara seperti ini sukses menaikkan penjualan? Ada penelitiannya gak ya?
    Oom Yahya baru saja menulis..Jadilah Penemu yang Mengubah Dunia – Ikuti Lenovo DoNetworkID Program

  • Pandu :

    iya jadi ngga seru. lebih seru Sarah Aprillia ya pit :p
    Pandu baru saja menulis..Protes SOPA: Blackout Campaign

  • weeko :

    sempat menduga berita penculikan bintang iklan cilik yang sekarang lagi ramai adalah bentuk Viral juga..ternyata bukan, ya…
    weeko baru saja menulis..Lebih Jantan dengan Kopi Lanang

  • iklan baris bagus :

    brand dikenal aja gak cukup. yang penting itu brand terkenal dengan image yang baik… :)

  • sabai :

    Agency-nya nggak siap dengan risiko campaign yg back fire dan malah berimbas jelek ke brand dan buzzernya.
    sabai baru saja menulis..My Top Notch In 2011

  • Obat Alami Kanker Hati :

    wah jangan gitu dong .
    kan sayang blognya udah bagus , semangat dong .
    moga sukses trus ya
    Obat Alami Kanker Hati baru saja menulis..Comment on Penyakit Kanker Hati | Obat Alami Penyakit Kanker Hati by Penyakit Gondok|Obat Alami Penyakit Gondok|Cara Ampuh Mengobati Gondok | caraalamimengobatipenyakit.com

  • deiidea :

    setuju tuhh..
    bagus lah artikel nya
    deiidea baru saja menulis..Cara mengobati gangguan hati

  • Berita Unik Dunia :

    ini yang dilupakan oleh agensi tersebut, bahwa di balik setiap tindakan selalu ada efek, dalam hal ini adalah chaos effect.
    Berita Unik Dunia baru saja menulis..Berita Unik Dunia Teknologi 2011

  • masigit :

    emang sih kalau orang ingin promosi murah dan hasilnya ingin wah, ya gitu deh caranya bikin sebel kita semua…
    masigit baru saja menulis..Cardigan lucu GKC620

  • adsloko :

    wah di jaman sekarang ini yang namanya promosi macam2 ya. hanya ini komen saya.
    adsloko baru saja menulis..Membuat Kotak Banner Sponsor Blog

  • ardiansyah :

    kalo gua ya fine2 ja bro ..
    yang penting gak buat masalah dan melanggar hak orang lain..

    so what ??
    why not ??

    this is principle and how want tobe something ??

    #hahahha, gayanya dah muanteb lum ???
    ardiansyah baru saja menulis..Lubrikasi Mesin (Umum)

  • @syukrr :

    sesuatu yang mengada-ada sah-sah saja jika tidak menyangkut hal-hal yang urgent dan serius… bener kata mas pitra, kreativitas kadang terlihat keren saat dipresentasikan, tapi tidak begitu saat di aplikasikan, karena ada banyak faktor eksternal yang mungkin luput dari perhatian creative

  • penyakit ginjal :

    vidio yang keduanya saya gak mengerti,heheheh

  • Rizal :

    Thanks infonya…
    visit my blog http://punya-rizal.blogspot.com
    Rizal baru saja menulis..Informasi Kredit Terbaik di Indonesia

  • ongisnade :

    your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

  • Obat Tradisional Penyakit Jantung :

    ternyata banyak cara yang mereka lakukan untuk saling promo …
    namun demikian ada yang di terima dan ada juga yang menuai kritikan ..

  • obat herbal kanker payudara :

    segala cara di lakukan untuk menaikan poularitas
    obat herbal kanker payudara baru saja menulis..obat diare

  • Kunto :

    ngeri klo da sponsor gituan,, emang orang akan menganggap serius,, dan ingin ambil tindakan seperti ke kantor polisi, dan klo udah liat videonya ternyata cuma iklan

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge